Read more: http://hzndi.blogspot.com/2012/04/cara-menambahkan-widget-twitter.html#ixzz2LTiRzmUB

merakit pc, daftar kode beep AMI BIOS ( DW )


Senin, 21 Januari 2013



Mungkin anda tidak terlalu memperhatikan bunyi-bunyian pada komputer selain file musik MP3 yang memang mengalun merdu setia mendampingi anda. Sebenarnya bunyi beep pada saat komputer anda dinyalakan mempunyai arti. Ada dua standar yang biasa dipakai pada sebagian besar PC yaitu beep code buatan Phoenix dan American Megatrends Inc.
Berikut arti bunyi beep pada komputer anda:

1. Tanpa ada bunyi sama sekali
Jika tidak terjadi bunyi sama sekali pada bios, ada 3 kemungkinan masalah yang sedang dihadapi PC anda.
- Coba periksa power Supply komputer anda, apakah berfungsi baik atau tidak.
- Motheboard yang rewel, Periksa motherboard apakah masih berfungsi bagus
- Speaker Internal, internal yang tidak baik atau tidak terpasang pada jack yang sesuai.

2. Beep Satu Kali

Kata Alhamdulillah bisa anda ucapkan sebagai syukur, bunyi sekali menandakan semua sistem komponen PC terpasang dengan baik. Tapi bunyi beep satu kali ini terdengar tetapi tidak ada gambar apapun yang terlihat, periksalah kabel interface dari monitor sudah terhubung pada port video yang sesuai.

3. Beep Dua Kali
Suara beep 2 kali terdengar menandakan ada sesuatu yang kurang beres pada PC anda. Periksa fasilitas video atau grafis yang ada. Jika fasilitas pada video ini bekerja dengan baik maka pada monitor akan tampak pesan error. Apabila fasilitas ini memang bekerja, berarti ada masalah dengan partity pada bagian 64kb yang pertama. yang harus anda lakukan memeriksa SIMM yang ada. Pasang kembali komponen ini secara benar kemudian lakukan booting ulang. Jika bunyi sebanyak ini masih terdengar, berarti kerusakan ada pada chip memory. Cara lain juga bisa anda lakukan yaitu menukar kedudukan chip memory yang pertama dengan yang kedua. Ada baiknya anda periksa dahulu pada buku manual mana tempat kedudukan memory pertama pada metherboard yang anda pakai. Apabila memory yag dipakai ternyata masih dalam keadaan kondisi prima, berarti kerusakan ada pada motherboard.

4. Beep Tiga Kali
Apabila bunyi beep terdengar tiga kali, lakukanlah pemeriksaan seperti langkah nomor tiga. Biasanya bunyi  ini menadakan kerusakan atau kesalahan yang hampir sama dengan bunyi dua kali.

5. Beep Empat Kali
Kesalahan yang terjadi menyebabkan BIOS "menyanyi" sebanyak ini hampir sama dengan bunyi beep dua kali maupun tiga kali. pada bunyi beep sebanyak ini, masalah bisa juga karena timer pada PC kurang berfungsi dengan baik.

6. Beep Lima Kali
Bunyi sebanyak ini menandakan motherboard anda sedang "protes" karena sesuatu hal yang berhubungan dengan memory. periksa memory yang ada apakah kedudukannya sudah benar. Setelah itu booting ulang. Kalau semua langkah tersebut sudah dilakukan tetapi BIOS masih "meraung-raung" seperti ini, berarti motherboard anda harus diganti. Ada cara lain yang bisa dilakukan bila masalah ini terjadi. Ganti processor anda, meski cara ini boleh dibilang cukup mahal.

7. Beep Enam Kali
Kalau bunyi beep sebanyak ini, berarti masalah sedang terjadi pada chipset di motherboard yang mengendalikan fungsi keyboard PC anda. Atur kembali kedudukan chipset anda. Jika bunyi beep sebanyak ini masih saja terdengar, gantilah chipset ini jika mungkin. Jika tidak, lagi-lagi dengan terpaksa anda harus mengganti motherboard anda.

8. Beep Tujuh Kali

Kalau "serine" tanda bahaya dari BIOS terdengar sebanyak ini, siap-siaplah anda menanggung kerugian yang lumayan gede. Ada dua kemungkinan kerusakan yang terjadi. Kemungkinan yang pertama prosessor anda yang patah atau prosessor tidak bekerja secara normal. Kemungkinan kedua, motherboard anda kurang beres. Kalau anda penasaran, coba pasang pasang motherboard anda pada PC yang lain. Kalau ternyata prosessor berjalan normal, berarti kerusakan terletak pada motherboardnya. Satu-satu jalan yang harus dilakukan adalah mengganti prosessor atau motherboard. Semua itu tergantung kerusakan yang terjadi.

9. Beep Delapan Kali
Dipastikan ada masalah yang terjadi di karu grafis. Pastikan kartu grafis tersebut telah terpasang dengan benar pada portnya. Jika ternyata BIOS masih tetap mengeluarkan "nyanyian", itu berarti kartu grafis anda rusak secara keseluruhan atau memory yang ada padanya yang rusak. Cara terbaik yang sebaiknya dilakukan adalah mengganti kartu grafis yang dipakai.

10. Beep Sembilan Kali
Ini berarti BIOS anda yang rusak. Ganti BIOS tersebut atau upgrade BIOS anda ,untuk petunjuk upgrade BIOS biasanya tinggal install lewat software utility bawaan motherbard. Kalau masih rusak juga, ganti motherboard nya.

11. Beep Sepuluh Kali

Masalah anda terletak pada bagian dalam CMOS. Semua chip yang terhubung dengan CMOS sebaiknya diganti akibat CMOS yang "ngambek" tersebut. solusi untuk masalah ini adalah dengan mengganti motherboard dengan yang baru.

12. Beep Sebelas Kali
Seandainya bunyi sebanyak ini kaluar dari PC anda, berarti masalah terletak pada cache memory dan PC anda secara otomatis men-disable buat anda. Yang harus anda lakukan dengan menekan tombol ctrl-alt-shift-+ atau bersihkan bagian kaki memory PC anda dengan penghapus karet. Tapi jika kiat ini juga tidak mengobati "penyakit", maka gantilah memory anda.

Sekian..
Semoga Tutorial ini bermanfaat..

0 komentar: