Read more: http://hzndi.blogspot.com/2012/04/cara-menambahkan-widget-twitter.html#ixzz2LTiRzmUB

Tragis! Pejuang Konten Gratis di Internet Gantung Diri


Minggu, 13 Januari 2013







Jakarta
- Nama Aaron Swartz memang tak setenar Mark Zuckerberg. Namun di usianya yang masih muda, nama Swartz sejatinya sudah cukup mentereng di kalangan startup dan praktisi internet.

Ia tercatat sebagai salah satu pendiri situs Reddit, sosok di balik terciptanya RSS dan dikenal berani memperjuangkan konten gratis di internet bagi kepentingan publik.

Namun tragis, Jumat waktu Amerika serikat, pemuda 26 tahun itu tewas setelah ditemukan gantung diri di apartemennya di Brooklyn, AS.

Kepintaran Swartz di dunia komputer bisa dibilang di atas rata-rata anak seusianya. Saking 'kreatifnya', ia bahkan sampai dituding sebagai biang keladi dari aksi pencurian jutaan jurnal ilmiah arsip komputer kampus ternama MIT.

"Aaron Swartz selalu membuat kejutan dengan hal baru yang dapat mengubah arus informasi di seluruh dunia," ujar Susan Crawford, profesor dari School of Law di New York.

Michael Wolf, paman Swartz, menyebut jika keponakannya itu memang seorang yang jenius. Namun ia kadang melihat dunia dari sisi logika yang dimilikinya. "Sayangnya kadang ada yang tidak sesuai dengan logika tersebut. Inilah yang kadang sulit," imbuhnya, dilansir Dallas News.

Belum diketahui dengan pasti apa penyebab sampai pemuda jenius ini memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan cara tragis. Ada yang bilang dia depresi, dan ada dugaan pula ini terkait tekanan batin lantaran harus menghadapi proses hukum cukup berat yang harus dihadapinya terkait hacktivist.

0 komentar: